Rabu, 18 Mei 2011

Modul 6 Penyuluhan dan Konsultasi Gizi Dasar


MODUL 6  PENYULUHAN DAN KONSULTASI GIZI DASAR

Deskripsi Mata Kuliah
Mata Ajar / SKS                     : Penyuluhan dan Konsultasi Gizi Dasar/2 SKS
                                                  (120 menit)
Program/ Angkatan                   : Reguler/ 2011
Semester/ Tahun ajaran : 4/ 2011- 2012
Nama Dosen                            : John Amos, SKM, MKes
Pokok Bahasan                        : Media Gizi
Standar Kompetensi                : Mahasiswa  mampu menjelaskan selayang pandang
                                                   tentang media gizi
Kompetensi Dasar                  : Mahasiswa mampu menjelaskan tentang pengertian media.
Indikator                                  :  1.Mampu menjelaskan pengertian media
2. Bisa menjelaskan tentang perbedaan media dan alat peraga/alat bantu
                                                   3. Mampu menjelaskan bagaimana pentingnya media
                                                   4. Mampu menjelaskan anggapan salah tentang media
 5.  Mampu menjelaskan tentang efektifitas media
 6. Mampu menjelaskan tentang fungsi media
 7. Mampu menjelaskan klasifikasi media
Metode                                    : Ceramah, tanya jawab dan diskusi
Media                                      : Komputer, LCD Proyector

Kegiatan Pembelajaran termasuk evaluasi:
Waktu
Kegiatan Dosen
Kegiatan Mahasiswa
1. Pendahuluan
    (15 menit)
- Memberi salam
- Menjelaskan judul, pokok bahasan,
   tujuan, dan manfaat pembelajaran
- Menjawab salam
- Mendengarkan

2. Kegiatan
    Inti: Kuliah
    dan diskusi
    (120 menit)
- Menjelaskan materi tentang pengertian
   Media dan perbedaan media dengan    
   alat peraga/alat bantu
- Memberikan kesempatan peserta didik
   bertanya dan responsive
- Memberikan jawaban atas pertanyaan
   yang diajukan
- Menjelaskan materi tentang
   penting dan anggapan yang salah
   tentang media, efektifitas, fungsi dan
   klasifikasi media.
- Memberikan jawaban atas pertanyaan
   yang diajukan
- Memberikan kesempatan peserta didik
   bertanya dan responsive
- Menjelaskan materi tentang
   pentingnya media
- Memberikan kesempatan peserta didik
   bertanya dan responsive
- Memberikan jawaban atas pertanyaan
   yang diajukan           
- Mendengarkan
  dan mencatat
- Bertanya dengan
   kritis
- Mendengarkan
  dan mencatat
- Mendengarkan
  dan mencatat
- Bertanya dengan
   kritis
- Mendengarkan
   dan mencatat
- Bertanya dengan
   kritis
- Mendengarkan
  dan mencatat
- Bertanya dengan
   kritis
- Mendengarkan
  dan mencatat
3. Penutup (15 menit)
- Melakukan evaluasi secara tertulis
  (kuis)
- Memberikan jawaban kuis
- Merangkum hasil pembelajaran
- Memberi salam
- Menjawab
   pertanyaan pada
   selembar kertas
- Mengoreksi
   lembar jawaban
   teman
- Mendengarkan
- Menjawab salam















SELAYANG PANDANG
TENTANG  MEDIA KOMUNIKASI GIZI

Hasil penelitian :

80% pembelajar menangkap materi pembelajaran melalui indera penglihatan10% melalui indera pendengaran




Tiga Tingkat Pengalaman :

Tingkat 3. Kata-kata saja atau diucapkan atau ditulis
Tingkat 2. Pengganti pengalaman nyata, lebih dari kata-kata
Tingkat 1. Pengalaman nyata dalam kehidupan sehari-hari

PengertianMedia/Alat Peraga/Alat Bantu

      Media berasal dari bahasa Latin dan bentuk jamak dari medium berarti “perantara atau pengantar”

      Association of Education and Communication Technology (AECT) di Amerika : Media sebagai segala bentuk dan saluran yang digunakan orang untuk menyalurkan pesan/informasi.

    Gagne (1970) media adalah berbagai jenis komponen dalam lingkungan peserta didik yang dapat merangsangnya untuk belajar.

   Media promosi kesehatan (Soekidjo N., 2005), media adalah semua sarana atau upaya untuk menampilkan pesan atau informasi yang ingin disampaikan oleh komunikator, baik itu melalui media cetak, elektronika (TV, Radio, Komputer Dsb) dan media luar ruang sehingga sasaran dapat meningkatkan pengetahuannya yang akhirnya diharapkan dapat berubah perilakunya kearah positif terhadap kesehatan.

            …… Semua alat, bahan atau apapun yang digunakan sebagai media untuk pesan-pesan yang akan disampaikan dengan maksud untuk lebih memperjelas pesan-pesan tersebut bagi penerima ataupun untuk lebih memperluas jangkauan pesan
            1. Belajar sendiri
            2. Belajar dari lingkungan
            3. Belajar dari melihat, mendengar
            4. Belajar dari meniru dari apa yang dilihat dan diingat
            5. Belajar dengan guru
            6. Belajar dengan guru, alat peraga, pengalaman dll.

Letak Peranan Alat Peraga

MEDIA VS ALAT PERAGA/ALAT BANTU
Media
Segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim pesan ke penerima, sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat sasaran sedemikian rupa sehingga proses belajar terjadi
Alat Peraga/Alat Bantu
Semua alat atau bahan yang digunakan sebagai media penyampaian pesan dengan tujuan agar pesan dapat diterima dengan jelas dan jangkauan penerima pesan lebih luas

Kesimpulan :
Peranan Media
            * Instructor dependent
            ---à sebagai alat bantu/alat peraga
            * Instructor independent
            ---à sebagai media instruksional
Beda fungsi bukan substansinya
Sumber belajar disebut alat peraga jika fungsinya hanya sebagai alat bantu
Sumber belajar disebut media jika fungsinya merupakan bagian integral dari kegiatan penyuluhan dan ada 
pembagian tanggungjawab antara penyuluh dan media

Kenapa kita harus menggunakan media ??
Mempermudah orang menyampaikan dan menerima pesan atau informasi serta dapat menghindarkan 
salah pengertian
Mendorong keinginan untuk mengetahui lebih banyak
Mengekalkan pengertian yang didapat
Sekarang orang gandrung menggunakan media

Anggapan salah tentang media
            1. Sebagai hiburan dan pemborosan waktu
                        ---à sebagai metode penyuluhan yang efektif
2.   Hanya cocok untuk anak kecil
                        ---à semua tingkat penyuluhan dan kecerdasan
3.   Terpisah dari metode penyuluhan
                        ---à menjadi bagian dari keseluruhan program penyuluhan
4.   Pengganti penyuluh
                        ---à penyuluh faktor utama untuk menyampaikan materi
5.   Mudah menggunakannya
                        ---à memerlukan kemahiran dan keterampilan membuat dan memakainya
Efektivitas media
l.          Trampil
2.    Media/Alat peraga yang tepat
3.  Subyek/sasaran yang sesuai
4.    Waktu yang cocok
5.    Penampilan yang memikat

Fungsi pokok MEDIA :
 
1. Merangsang indera sesuai dengan domain
  
2. Mengurangi distorsi persepsi, pemahaman dan komunikasi
  
3. Menghasilkan daya lekat yang lama

4. Meningkatkan minat dan gairah

Manfaat Media
  1. Mengkonkritkan materi
  2. Memperbesar perhatian
  3. Meletakkan dasar-dasar yang penting agar menetap/mudah diingat
  4. Memberikan pengalaman nyata
  5. Menumbuhkan pemikiran yang teratur dan kontinu
  6. Membantu tumbuhnya pengertian serta mengembangkan kemampuan berbahasa
  7. Memberikan pengalaman-pengalaman yang tidak mudah diperoleh dengan cara lain
  8. Mengatasi keterbatasan waktu, ruang dan daya indera
  9. Menyamakan perangsang, pengalaman dan persepsi sasaran

Media untuk meningkatkan kualitas bagi seorang pengirim pesan
1. MEMAHAMI MEDIA
jenis, manfaat, kriteria memilih dan menggunakan media, tindak lanjut menggunakan media
2. TRAMPIL MEMBUAT MEDIA
3. PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN DALAM MENILAI KEEFEKTIFAN 
    PENGGUNAAN MEDIA


KLASIFIKASI MEDIA (1)
1.    ALAT-ALAT AUDIO
            Alat-alat yang dapat menghasilkan bunyi atau suara
            Contoh : cassette tape recorder dan radio

2.  ALAT-ALAT VISUAL
            Alat-alat yang dapat memperlihatkan rupa atau bentuk
            Contoh :  
            * Alat-alat visual dua dimensi
            gambar, gambar pada opaque-projector, lembar balik,    
            wayang beber, grafik, diagram bagan, poster, gambar hasil cetak
            saring dan foto, leaflet, booklet, pamplet, flanel graph, papan
            magnetik, papan tulis, white board
            slide, film strip, OHT
            * Alat-alat visual tiga dimensi
            memiliki ukuran panjang, lebar dan tinggi
            benda asli, model, contoh barang/specimen, alat tiruan sederhana  
            atau mock-up, pameran, bak pasir

3.   ALAT-ALAT AUDIO-VISUAL
            Alat-alat yang dapat menghasilkan rupa dan suara dalam satu unit
            contoh : film bersuara, televisi

a.   VISUAL AIDS
            Non projected :
papan tulis, buku/diktat, poster, leaflet, pamplet, flannel board, billboard, model, dll.
            Projected :
            Slides, film-strip, movie-film, transparancies
b.   AUDIO AIDS
            radio, cassette tape recorder
c.   AUDIO VISUAL AIDS (AVA)
            videotape, movie film, sound slides, tv, dll

KRITERIA MEMILIH MEDIA
*      Sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai
*   Sesuai dengan metode yang digunakan
*   Efek penyuluhan menjadi lebih baik
*       Prinsip efektifitas dan efisiensi
*      Sesuai dengan kemampuan penyuluh

Pentingkah media ?
Media bukan keharusan tetapi sebagai pelengkap jika dipandang perlu untuk mempertinggi kualitas 
penyuluhan
Media adalah alat dan sarana untuk mencapai tujuan penyuluhan serta media bukanlah tujuan

“TUJUH TIDAK” YANG DAPAT MENGGAGALKAN PENAMPILAN
  1. Tidak berhasil mempersiapkan dan mengatur penyajian informasi dengan baik
  2. Tidak berhasil memisahkan inti persoalan
  3. Tidak berhasil menggunakan kata-kata atau alat peraga yang tepat
  4. Tidak berhasil memilih informasi tepat
  5. Tidak berhasil mengemukakan informasi secara objektif
  6. Tidak berhasil memandang persoalan dari pandangan sasaran
  7. Tidak berhasil menyajikan persoalan dengan baik dalam penampilan





















Tidak ada komentar:

Posting Komentar